PERBEDAAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI SEGITIGA BERDASARKAN JENIS APERSEPSI ALFA ZONE DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND LEVEL PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Authors

  • Novi Widiyastuti SMK Nusa Mangga Suci
  • Aan Juhana Senjaya Universitas Wiralodra
  • Wiwit Damayanti Lestari Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.106

Keywords:

Koneksi Matematis pada Materi Segitiga, Apersepsi Alfa Zone, Mathematical Habits of Mind, STAD

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis pada materi segitiga berdasarkan jenis apersepsi Alfa Zone, Mathematical Habits of Mind Level dan interaksi antara jenis apersepsi Alfa Zone dan Mathematical Habits of Mind Level pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi kemampuan koneksi matematis seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jatibarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel kelas diambil sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random samppling dengan cara diundi. Penelitian ini menggunakan analisis data ANAVA 2x2 by Level. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis pada materi segitiga berdasarkan pemberian jenis apersepsi Alfa Zone pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) Tidak terdapat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis pada materi segitiga berdasarkan Mathematical Habits of Mind Level Zone pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) Tidak terdapat perbedaan interaksi kemampuan koneksi matematis pada materi segitiga berdasarkan pemberian jenis apersepsi Alfa Zone dan Mathematical Habits of Mind Level Zone pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-02-20

How to Cite

Widiyastuti, N., Juhana Senjaya, . A., & Damayanti Lestari, W. (2019). PERBEDAAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI SEGITIGA BERDASARKAN JENIS APERSEPSI ALFA ZONE DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND LEVEL PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD . Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 41–48. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.106

Issue

Section

Articles