PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS I-SPRING SUITE 8 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Puji Lestari Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.124

Keywords:

media pembelajaran, i-spring suite, validasi.

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran telah terbukti cukup efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu kekurangan media pembelajaran saat ini diantaranya ketiadaan proses evaluasi yang secara interaktif melibatkan para siswa. Penelitian ini merupakan bagian dari Research and Development (R&D) yaitu pra penelitian pada tahapan validasi instrumen.Pengembangan selanjutnya dari penelitian ini akan dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis i-spring suite 8 yang bersifat valid, praktis dan efektif, pada beberapa materi matematika tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Diharapkan pengembangan media pembelajaran ini dapat membantu mengoptimalkan proses belajar siswa. Subjek dari penelitian ini adalah 6 orang Guru beserta 18 Siswa pada 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil uji coba terbatas pada Guru dan Siswa, diperoleh kesimpulan tingkat kelayakan media yang diberikan oleh ahli materi dan pengguna berturut-turut adalah sebesar 84,09 % dan 87,67 %. Dengan demikian disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Puji Lestari. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS I-SPRING SUITE 8 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.124

Issue

Section

Articles