Student's Mathematic Representation Ability in Mathematics Problem Solving on Triangle Materials

Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga

Authors

  • Zulfa Pratamaningtyas Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v6i2.225

Keywords:

representasi gambar, representasi verbal, representasi simbol

Abstract

Penelitian ini menggambarkan secara deskriptif bagaimana kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kegiatan merepresentasikan gambar, simbol, dan verbal pada materi segitiga. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu 1) penentuan subjek penelitian, 2) penentuan instrumen penelitian, 3) pemberian soal kepada siswa, 3) pengumpulan data penelitian, 4) analisis data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek representasi verbal, kemampuan representasi matematis siswa dalam menerjemahkan gambar ke dalam bentuk verbal sudah dimiliki siswa dengan semua tingkat kemampuan. Sedangkan kemampuan representasi siswa dalam mengungkapkan ekspresi verifikasi masih kurang. Pada representasi gambar, siswa dengan semua tingkat kemampuan sudah mampu mengungkapkan istilah yang berkaitan dengan gambar, sedangkan pada proses menggambarkan suatu gambar menggunakan kemampuan representasinya hanya siswa kemapuan tinggi yang mampu menyelesaikan permasalahan. Pada aspek kemampuan representasi simbolik, ketiga siswa sudah mampu mengoperasikan bentuk aljabar, meskipun pada salah satu siswa kurang teliti dalam proses penyelesaiannya yang mengakibatkan hasil yang dihitung tidak benar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-02

How to Cite

Pratamaningtyas, Z., & Hakim, D. L. . (2021). Student’s Mathematic Representation Ability in Mathematics Problem Solving on Triangle Materials: Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 175–190. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i2.225

Issue

Section

Articles