Student's Mathematic Representation Ability in Mathematics Problem Solving on Triangle Materials
Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v6i2.225Keywords:
representasi gambar, representasi verbal, representasi simbolAbstract
Penelitian ini menggambarkan secara deskriptif bagaimana kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kegiatan merepresentasikan gambar, simbol, dan verbal pada materi segitiga. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu 1) penentuan subjek penelitian, 2) penentuan instrumen penelitian, 3) pemberian soal kepada siswa, 3) pengumpulan data penelitian, 4) analisis data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek representasi verbal, kemampuan representasi matematis siswa dalam menerjemahkan gambar ke dalam bentuk verbal sudah dimiliki siswa dengan semua tingkat kemampuan. Sedangkan kemampuan representasi siswa dalam mengungkapkan ekspresi verifikasi masih kurang. Pada representasi gambar, siswa dengan semua tingkat kemampuan sudah mampu mengungkapkan istilah yang berkaitan dengan gambar, sedangkan pada proses menggambarkan suatu gambar menggunakan kemampuan representasinya hanya siswa kemapuan tinggi yang mampu menyelesaikan permasalahan. Pada aspek kemampuan representasi simbolik, ketiga siswa sudah mampu mengoperasikan bentuk aljabar, meskipun pada salah satu siswa kurang teliti dalam proses penyelesaiannya yang mengakibatkan hasil yang dihitung tidak benar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Zulfa Pratamaningtyas, Dori Lukman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.