KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH KONTEKS PEMASARAN

Authors

  • Ai Tusi Fatimah Universitas Galuh
  • Nur Eva Zakiah Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.92

Keywords:

Kelancaran Prosedural, Pemecahan Masalah, Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kelancaran prosedural matematis siswa dalam
proses pemecahan masalah matematika pada konteks pemasaran. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Partisipan berjumlah 6orang yang merupakan siswa
kelas XII pada salah satu SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Ciamis.
Instrumen penelitian ini adalah tes tulis dalam bentuk masalah matematika terapan pada konteks
pemasaran. Analisis data mengacu pada indikator kemampuan kelancaran prosedural
yaitupengetahuan tentang prosedur, pengetahuan tentang kapan dan bagaimana menggunakan
prosedur dengan tepat, dan keterampilan dalam melakukan prosedur secara fleksibel, akurat dan
efisien. Siswa yang sukses dalam memecahkan masalah matematis konteks pemasaran adalah
siswa yang memahami masalah melalui penalaran, mengetahui prosedur yang tepat, menerapkan
prosedur secara tepat, fleksibel dan akurat, serta memverifikasi jawaban sehingga masuk akal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21

How to Cite

Tusi Fatimah, A., & Eva Zakiah, N. . (2018). KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH KONTEKS PEMASARAN. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.92

Issue

Section

Articles