KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH KONTEKS PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.92Keywords:
Kelancaran Prosedural, Pemecahan Masalah, PemasaranAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kelancaran prosedural matematis siswa dalam
proses pemecahan masalah matematika pada konteks pemasaran. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Partisipan berjumlah 6orang yang merupakan siswa
kelas XII pada salah satu SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Ciamis.
Instrumen penelitian ini adalah tes tulis dalam bentuk masalah matematika terapan pada konteks
pemasaran. Analisis data mengacu pada indikator kemampuan kelancaran prosedural
yaitupengetahuan tentang prosedur, pengetahuan tentang kapan dan bagaimana menggunakan
prosedur dengan tepat, dan keterampilan dalam melakukan prosedur secara fleksibel, akurat dan
efisien. Siswa yang sukses dalam memecahkan masalah matematis konteks pemasaran adalah
siswa yang memahami masalah melalui penalaran, mengetahui prosedur yang tepat, menerapkan
prosedur secara tepat, fleksibel dan akurat, serta memverifikasi jawaban sehingga masuk akal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Ai Tusi Fatimah, Nur Eva Zakiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.