PENERAPAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.95Keywords:
Metode Stratagem, Metode Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa pada
materi operasi aljabar dan metode yang digunakan kurang memotivasi siswa. Salah satu solusi yang
dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan metode
stratagem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi
matematis siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 20 siswa kelas
VIIIB MTs Islamic Centre Kota Cirebon. Penelitian ini berupa penerapan dengan menggunakan
metode stratagem. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis berupa
soal uraian dan lembar angket respons siwa. Metode ini diterapkan pada kelas eksperimen dengan
jumlah 20 orang siswa yang dibagi menjadi lima kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan
metode stratagem dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan
deskripsi data, pengolahan data dan pengujian signifikansi terhadap penelitian yang telah diuraikan,
dapat disimpulkan bahwa metode stratagem dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa pada pembelajaran operasi aljabar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Siti Aisah, Fuad Nasir, Dina Pratiwi Dwi Santi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.