PENERAPAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Siti Aisah Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Fuad Nasir Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Dina Pratiwi Dwi Santi Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.95

Keywords:

Metode Stratagem, Metode Konvensional, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa pada
materi operasi aljabar dan metode yang digunakan kurang memotivasi siswa. Salah satu solusi yang
dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan metode
stratagem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi
matematis siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 20 siswa kelas
VIIIB MTs Islamic Centre Kota Cirebon. Penelitian ini berupa penerapan dengan menggunakan
metode stratagem. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis berupa
soal uraian dan lembar angket respons siwa. Metode ini diterapkan pada kelas eksperimen dengan
jumlah 20 orang siswa yang dibagi menjadi lima kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan
metode stratagem dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan
deskripsi data, pengolahan data dan pengujian signifikansi terhadap penelitian yang telah diuraikan,
dapat disimpulkan bahwa metode stratagem dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa pada pembelajaran operasi aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-20

How to Cite

Aisah, S., Nasir, F., & Pratiwi Dwi Santi, D. (2018). PENERAPAN METODE STRATAGEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 181–191. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.95

Issue

Section

Articles