PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIPE MARRY GO ROUND

Authors

  • Casmunah Casmunah SMKN 1 Widasari
  • Sri Hartini Universitas Wiralodra
  • Denni Ismunandar Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.96

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Marry Go Round

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan tipe
Marry Go Round, serta kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik daripada tipe Marry Go Round.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri
3 Jatibarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel kelas diambil sebanyak dua kelas dengan
menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara diundi. Berdasarkan uji hipotesis
dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik daripada tipe
Marry Go Round. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation
dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk membangkitkan
kemampuan pemahaman matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21

How to Cite

Casmunah, C., Hartini, S. ., & Ismunandar, . D. (2018). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIPE MARRY GO ROUND. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 159–170. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.96

Issue

Section

Articles