PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN TIPE MARRY GO ROUND
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.96Keywords:
Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Marry Go RoundAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kemampuan pemahaman matematis siswa yang
pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan tipe
Marry Go Round, serta kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik daripada tipe Marry Go Round.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri
3 Jatibarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel kelas diambil sebanyak dua kelas dengan
menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara diundi. Berdasarkan uji hipotesis
dengan menggunakan uji-t, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik daripada tipe
Marry Go Round. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation
dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk membangkitkan
kemampuan pemahaman matematis siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Casmunah Casmunah, Sri Hartini, Denni Ismunandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.