Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes

Authors

  • Nungki Anditiasari Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.177

Keywords:

kesulitan, matematika, penyelesaian sola cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia 11 tahun dalam menyelesaikan operasional konkret menurut tahap perkembangan kognitif piaget yaitu : mengurutkan, klasifikasi, decentering, reversibility, konservasi, dan penghilangan sifat egosentrisme. Subjek penelitian ini menggunakan 7 anak usia kisaran 11 tahun. Pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode studi kasus dengan melihat hasil dari aktivitas siswa dan dengan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dari ke 7 anak, tidak semua anak dapat menyelesaikan operasional konkret sesuai tahap perkembangan kognitif piaget.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-12

How to Cite

Anditiasari, N. ., & Dewi, N. R. . (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.177

Issue

Section

Articles