DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA CALON GURU PADA MATA KULIAH ANALISIS KURIKULUM MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.105Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Mahasiswa Calon Guru, Analisis Kurikulum MatematikaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat penguasaan kompetensi pedagogik
mahasiswa dalam pengembangan kurikulum di sekolah, (2) tingkat penguasaan kompetensi
pedagogik mahasiswa dalam penyelengaraan pembelajaran di kelas, (3) tingkat penguasaan
kompetensi pedagogik mahasiswa dalam penguasaan karakteristik peserta didik, (4) tingkat
penguasaan kompetensi pedagogik mahasiswa dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Subjek
penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa calon guru dalam mata kuliah analisis kurikulum
matematika. Subjek dipilih berdasarkan tingkat akademik mahasiswa yang ditunjukkan melalui IPK
mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) deskriptif persentase, (2) reduksi data,
(3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil
tahun akademik 2018/2019. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tingkat penguasaan kompetensi
pedagogik mahasiswa calon guru dalam hal (1) pengembangan kurikulum di sekolah, (2)
penyelengaraan pembelajaran di kelas, (3) penguasaan karakteristik peserta didik, (4) pelaksanaan
evaluasi pembelajaran, rata-rata termasuk ke dalam kriteria menguasai.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Salwah Salwah, Nur Wahidin Ashari, Fahrul Basir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.