DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA CALON GURU PADA MATA KULIAH ANALISIS KURIKULUM MATEMATIKA

Authors

  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto
  • Nur Wahidin Ashari Universitas Cokroaminoto
  • Fahrul Basir Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.105

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Mahasiswa Calon Guru, Analisis Kurikulum Matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat penguasaan kompetensi pedagogik
mahasiswa dalam pengembangan kurikulum di sekolah, (2) tingkat penguasaan kompetensi
pedagogik mahasiswa dalam penyelengaraan pembelajaran di kelas, (3) tingkat penguasaan
kompetensi pedagogik mahasiswa dalam penguasaan karakteristik peserta didik, (4) tingkat
penguasaan kompetensi pedagogik mahasiswa dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Subjek
penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa calon guru dalam mata kuliah analisis kurikulum
matematika. Subjek dipilih berdasarkan tingkat akademik mahasiswa yang ditunjukkan melalui IPK
mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) deskriptif persentase, (2) reduksi data,
(3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil
tahun akademik 2018/2019. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tingkat penguasaan kompetensi
pedagogik mahasiswa calon guru dalam hal (1) pengembangan kurikulum di sekolah, (2)
penyelengaraan pembelajaran di kelas, (3) penguasaan karakteristik peserta didik, (4) pelaksanaan
evaluasi pembelajaran, rata-rata termasuk ke dalam kriteria menguasai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-02-20

How to Cite

Salwah, S., Wahidin Ashari, N., & Basir, F. (2019). DESKRIPSI KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA CALON GURU PADA MATA KULIAH ANALISIS KURIKULUM MATEMATIKA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 75–84. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.105

Issue

Section

Articles