COMIC’S MATHEMATICS LEARNING (CML): PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v4i2.113Keywords:
Comic’s Mathematics Learning (CML), Materi Eksponen, Literasi MatematisAbstract
Literasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting pada abad 21. Pembelajaran matematika juga harus dapat mengembangkan kemampuan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan Comic’s Mathematics Learning (CML). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang pembelajaran matematika berbasis media komik yang dapat menumbuhkan kemampuan literasi matemati siswa pada materi eksponen. Desain penelitian yang dilakukan dalam menghasilkan rancangan Comic’s Mathematics Learning (CML) yakni menggunakan model pengembangan yang diadopsi dari Gall, Borg, & Gall. Fase untuk menghasilkan perancangan Comic’s Mathematics Learning (CML) terdiri dari : (1) Research and information collecting (pengumpulan data awal); (2) planning (perencanaan); (3) develop preliminary form of product (pengembangan awal); (4) preliminary field testing (uji validasi); (5) main product revision (revisi awal); (6) main field testing (uji coba skala terbatas). Berdasarkan hasil validasi dan uji coba skala terbatas dapat disimpulkan bahwa perancangan pembelajaran menggunakan komik matematika dapat menumbuhkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi eksponen. Sehingga memenuhi kriteria valid dan efektif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Farid Gunadi, Lusi Siti Aisah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.