PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HOTS MATEMATIK SISWA

Authors

  • Anisa Ardianingsih Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Desy Lusiyana Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Jajang Rahmatudin Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v4i2.117

Keywords:

High Order Thinking Skill, Realistic Mathematic Education, Etnomatematika

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi dibutuhkan untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 sedangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP masih kategori rendah. Mengatasi hal tersebut, peneliti menerapkan pembelajaran realistic mathematic education berbasis etnomatematika yang mengkaji matematika dengan cara mengaitkan permasalahan matematika ke dalam budaya yang ada di sekitar peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Asy-Syahida Dukupuntang Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 31 siswa VII B sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes dengan 4 butir soal dan teknik analisis data menggunakan uji t dan Mann Withney U dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis bahwa peningkatan HOTS matematik siswa yang menggunakan pembelajaran RME berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Ardianingsih, A., Lusiyana, D., & Rahmatudin, J. . (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HOTS MATEMATIK SISWA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 148–161. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i2.117

Issue

Section

Articles