PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v4i2.116Keywords:
emahaman Konsep Matematis, Android, Aplikasi GeogebraAbstract
Penelitian ini menguji akan kemampuaan pemahaman konsep matematis siswa SMK setelah diterapakannya pembelajaran matematika berbantuan android (aplikasi geogebra). Penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa SMK dalam pembelajaran matematika. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan serta peningkatan pemahamana konsep matematis siswa SMK yang pembelajaran matematikanya berbantuan android (aplikasi geogebra) dengan siswa yang pembelajaran matematikanya secara konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Plus Al-Hilal Arjawinangun Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian melibatkan 30 siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X Perbankan (PRB) sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis, lembar observasi guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji Independent Samples T-Test dan uji Mann-Whiney U (nonparametrik). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang pembelajarannya berbantuan android (aplikasi geogebra) lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional; (2) Peningkatan pemahamana konsep matematis siswa yang pembelajarannya berbantuan android (aplikasi geogebra) lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Meliyana Meliyana, Jajang Rahmatudin, Rifqi Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.