The Profile of Prospective Mathematic Teachers’ Habits of Mind Towards Calculus Learning Amidst COVID-19 Pandemic
Profil Habits of Mind Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Pembelajaran Kalkulus Dimasa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v7i1.227Keywords:
Habits of Mind, Profil, Kalkulus, PandemiAbstract
Habits of Mind memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran dan perkembangan individu dalam memecahkan masalah pada pembelajaran kalkulus. Kebiasaan ini yang menjadi akar kekuatan mahasiswa dalam melatih kemampuan mereka dalam menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi khususnya pada pembelajaran kalkulus. Dimasa pandemi ini pola pelaksanaan pembelajaran mengalami perubahan, dari secara tatap muka menjadi daring (dalam jaringan). Habits of mind yang baik diharapkan dapat mengantarkan kesuksesan mahasiswa pada pembelajaran kalkulus di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil habits of mind mahasiswa prodi pendidikan matematika pada pembelajaran kalkulus di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Kalkulus Diferensial di tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 34 orang.. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner HoM yang disebar secara online. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa habits of mind mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon berada pada kategori baik dengan persentase 71,76%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rifqi Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.