MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.158Keywords:
Teams Games Turnaments, Hasil Belajar, TrigonometriAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi trigonometri.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest and postest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Krangkeng. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan (sampling purposif).Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas, yaitu X-5 MIPA sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-6 MIPA yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam pembelajarannya, kelas eksperimen melakukan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) sedangkan kelas kontrol melakukan pembelajaran biasa (tidak menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT). Perbedaan peningkatan rerata N-gain dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri.