MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI TRIGONOMETRI

Authors

  • Lusi Siti Aisah Universitas Wiralodra
  • Ine Wicanti SMAN 1 Krangkeng

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.158

Keywords:

Teams Games Turnaments, Hasil Belajar, Trigonometri

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi trigonometri.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest and postest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Krangkeng. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan (sampling purposif).Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas, yaitu X-5 MIPA sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan  X-6 MIPA yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam pembelajarannya, kelas eksperimen melakukan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) sedangkan kelas kontrol melakukan pembelajaran biasa (tidak menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT). Perbedaan peningkatan  rerata N-gain dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Siti Aisah, L., & Wicanti, I. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI TRIGONOMETRI . Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.158

Issue

Section

Articles