IDENTIFIKASI LEARNING OBSTACLE PADA POKOK BAHASAN SUDUT PUSAT DAN SUDUT KELILING LINGKARAN
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.90Keywords:
Learning Obstacle, Sudut Pusat, Sudut Keliling, LingkaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi learning obstacleatau kesulitan-kesulitan
siswa dalam proses penyelesaian permasalahan yang terkait dengan sudut pusat dan sudut keliling
dalam lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, tanya-jawab, dan dokumentasi. Pengujian instrumen learning
obstacle dilakukan kepada siswa yang telah mendapatkan/ mempelajari materi tersebut. Instrumen
diujikan kepada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Cirebon dan juga kepada beberapa orang
mahasiswa pendidikan matematika UPI. Hasilnya ditemukan beberapa hambatan-hambatan yang
teridentifikasi dalam memahami konsep sudut pusat dan sudut keliling lingkaran, yaitu: 1)
Hambatan epistimologi terkait penerapan konsep sudut pusat dan sudut keliling menghadapi busur
yang sama. 2) Hambatan epistimologi terkait variasi informasi yang tersedia serta penerapan
definisi sudut pusat dan sudut keliling pada soal. 3) Hambatan epistimologi terkait dalam
menganalisis soal. 4) Hambatan epistimologi terkait pengaitan dengan konsep yang lain 5)
Hambatan epistimologis terkait memunculkan gagasan dalam menjawab soal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Lusi Siti Aisah, Kusnandi Kusnandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.