IDENTIFIKASI LEARNING OBSTACLE PADA POKOK BAHASAN SUDUT PUSAT DAN SUDUT KELILING LINGKARAN

Authors

  • Lusi Siti Aisah Universitas Wiralodra
  • Kusnandi Kusnandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.90

Keywords:

Learning Obstacle, Sudut Pusat, Sudut Keliling, Lingkaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi learning obstacleatau kesulitan-kesulitan
siswa dalam proses penyelesaian permasalahan yang terkait dengan sudut pusat dan sudut keliling
dalam lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, tanya-jawab, dan dokumentasi. Pengujian instrumen learning
obstacle dilakukan kepada siswa yang telah mendapatkan/ mempelajari materi tersebut. Instrumen
diujikan kepada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Cirebon dan juga kepada beberapa orang
mahasiswa pendidikan matematika UPI. Hasilnya ditemukan beberapa hambatan-hambatan yang
teridentifikasi dalam memahami konsep sudut pusat dan sudut keliling lingkaran, yaitu: 1)
Hambatan epistimologi terkait penerapan konsep sudut pusat dan sudut keliling menghadapi busur
yang sama. 2) Hambatan epistimologi terkait variasi informasi yang tersedia serta penerapan
definisi sudut pusat dan sudut keliling pada soal. 3) Hambatan epistimologi terkait dalam
menganalisis soal. 4) Hambatan epistimologi terkait pengaitan dengan konsep yang lain 5)
Hambatan epistimologis terkait memunculkan gagasan dalam menjawab soal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21

How to Cite

Siti Aisah, L., & Kusnandi, K. (2018). IDENTIFIKASI LEARNING OBSTACLE PADA POKOK BAHASAN SUDUT PUSAT DAN SUDUT KELILING LINGKARAN. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 115–130. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.90

Issue

Section

Articles