Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar

Authors

  • Lathifah Al Husna UIN Suska Riau
  • Zubaidah Amir MZ UIN SUSKA RIAU
  • Rian Vebrianto UIN SUSKA RIAU

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159

Keywords:

Problematika, Pembelajaran Matematika, Studi Eksploratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi informasi mengenai problematika pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Penelitian ini melibatkan tujuh orang responden yang terdiri dari dua guru, dua siswa dan tiga orang tua siswa di sekolah dasar di Tanah Datar. Untuk tujuan kerahasiaan, responden diberi inisial R1, R2, R3, R4, R5 , R6, dan R7. Teknik pengumpulan data menggunakan google form dan diperkuat oleh artikel terkait. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya banyak problematika yang dialami oleh guru, siswa dan orang tua siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, yaitu siswa tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru, guru hanya menjelaskan materi sebentar saja, guru ikut serta memantu siswa mengerjakan latihan yang diberikannya, guru tidak menanyakan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang baik, siswa tidak bisa berpikir matematis meskipun telah duduk di kelas tinggi, ide-ide siswa tidak keluar dan jadi terpendam, siswa yang tidak bertanya terhadap materi yang dijelaskan oleh guru, metode yang digunakan oleh guru masih metode lama, serta minat dan kemampuan siswa yang kurang meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Al Husna, L., MZ, Z. A., & Rian Vebrianto. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159

Issue

Section

Articles