Implementation of Mathematics Learning With A STEM Approach (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) at MTs Muhammadiyah Wuring

Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan STEM (Science, Technologi, Engineering, And Mathematics) di Mts Muhammadiyah Wuring

Authors

  • Tanti Diyah Rahmawati IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Vinsensius Herianto Ndori IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Murniati Murniati IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v7i2.291

Keywords:

: Implementasi, pembelajaran matematika, STEM

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan perkembangan dan kemajuan teknologi di era revolusi 4.0 yang mempengaruhi pergeseran segala aktivitas didalam kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu pendekatan pembelajaran menggunakan teknologi yakni pendekatan STEM. Pendekatan STEM merupakan suatu pendekatan yang memuat empat komponen bidang ilmu pengetahuan dalam suatu pembelajaran untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi  pembelajaran matematika dengan pendekatan STEM (Science, Technologi, Engineering, And Mathematics) kelas VIII A di MTs Muhammadiyah Wuring. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Wuring pada semester 2 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu guru matematika dan siswa. Sedangkan data sekunder diperoleh berupa nilai harian siswa sebelum dilakukan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan  meliputi tiga tahap yakni reduksi data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran STEM ketuntasan siswa 100%, dengan nilai rata-rata kelas 89, sehingga model pembelajaran efektif digunakan.  Penerapan pembelajaran STEM melibatkan  siswa  berperan aktif, berkreasi, terampil dalam memecahkan masalah matematika. Dengan model pembelajaran PBL siswa dapat berdiskusi, berkreasi, dalam memecahkan masalah. Selain itu pembelajaran matematika menggunakan model PBL dengan pendekatan STEM juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi SPLDV.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-14

How to Cite

Rahmawati, T. D. ., Ndori, V. H. ., & Murniati, M. (2022). Implementation of Mathematics Learning With A STEM Approach (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) at MTs Muhammadiyah Wuring: Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan STEM (Science, Technologi, Engineering, And Mathematics) di Mts Muhammadiyah Wuring. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 330 –. https://doi.org/10.31943/mathline.v7i2.291