PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.78

Keywords:

Keterampilan Metakognitif, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pola pikir zaman sekarang yang menuntut segala sesuatu menjadi serba cepat dan instan sering kali
terbawa oleh siswa di sekolah. Ketika mengerjakan soal, siswa akan merasa puas ketika mereka
sudah menemukan jawabannya. Entah jawabannya benar atau tidak, sangat jarang ditemui siswa
yang kembali mengecek pekerjaan mereka. Di dalam proses pembelajaran pun, siswa dinilai
kurang mampu dalam menganalisa kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya untuk dapat
memaksimalkan proses belajar. Mengerjakan seadanya yang penting selesai seringkali menjadi
slogan para siswa saat ini. Padahal kemampuan menganalisa kelemahan maupun kelebihan yang
dimiliki adalah kemampuan yang penting, khususnya dalam belajar matematika. Kesadaran akan
kelebihan dan kekurangan ini dinamakan kesadaran metakognisi. Dalam belajar matematika
keterampilan ini perlu dikembangkan. Untuk itu artikel ini akan membahas mengenai pembelajaran
matematika dengan menggunakan pendekatan keterampilan metakognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-20

How to Cite

Putri Sepdikasari Dirgantoro, K. . (2018). PENDEKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.78

Issue

Section

Articles