PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN DAN MODEL NOVICK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 20 JAKARTA

Authors

  • Meicheil Yohansa Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.81

Keywords:

Pemahaman Matematis, Pendekatan Konstruktivisme, Model Predict Observe Explain, Model Novick

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam mengembangkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Hasil observasi awal meunjukkan bahwa faktor paling dominan yang memengaruhi kemampuan pemahaman matematis siswa adalah metode pembelajaran.Pembelajaran matematika di dalam kelas cenderung hanya berfokus pada konten/materi tanpa meperhatikan bagaimana konsep-konsep dapat dipahami oleh siswa secara mendalam. Pemahaman matematis (mathematical understanding) menjadi salah satu pondasi pada proses belajar matematika bagi siswa, sebab pemahaman matematis berkaitan dengan konsepkonsep dasar dan prosedural. Akibatnya, apabila kemampuan pemahaman matematis siswa lemah, maka siswa akan sulit untuk menjangkau kemampuan matematis lainnya yang lebih tinggi. Prinsipprinsip pembelajaran konstruktivistik dinilai memiliki kapasitas yang tepat dalam meminimalisir permasalahan ini. Pendekatan ini mengusung prinsip bahwa pengetahuan tidak dipindahkan dari guru kepada siswa, kecuali melalui keaktifan siswa sendiri untuk bernalar dibawah bimbingan guru yang merancang situasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan membandingkan dua buah model pembelajaran, yaitu Predict Observe Explain (POE) dan Novick yang berturut-turut diterapkan di kelas 8A dan 8D SMPN 20 Jakarta sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model POE lebih unggul dari model Novick melalui analisis menggunakan uji –T pada taraf signifikansi 5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-20

How to Cite

Yohansa , M. (2018). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN DAN MODEL NOVICK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 20 JAKARTA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 33–46. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.81

Issue

Section

Articles