PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SISIPAN HUMOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.82Keywords:
Strategi Pembelajaran, Sisipan Humor, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya
menggunakan strategi pembelajaran sisipan humor; untuk mengetahui hasil belajar matematika
siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan strategi pembelajaran sisipan humor, untuk
mengetahui pengaruh strategi pembelajaran sisipan humor terhadap hasil belajar matematika.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Balongan dan dipilih dua kelas secara
acak sebagai sampel. Kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran sisipan humor dan kelas XI TKJ 2 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya tidak menggunakan sisipan humor. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh strategi pembelajaran sisipan humor terhadap hasil belajar matematika.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Mochammad Taufan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.