PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SISIPAN HUMOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Mochammad Taufan Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.82

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Sisipan Humor, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya
menggunakan strategi pembelajaran sisipan humor; untuk mengetahui hasil belajar matematika
siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan strategi pembelajaran sisipan humor, untuk
mengetahui pengaruh strategi pembelajaran sisipan humor terhadap hasil belajar matematika.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Balongan dan dipilih dua kelas secara
acak sebagai sampel. Kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran sisipan humor dan kelas XI TKJ 2 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya tidak menggunakan sisipan humor. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh strategi pembelajaran sisipan humor terhadap hasil belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-20

How to Cite

Taufan, M. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SISIPAN HUMOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.82

Issue

Section

Articles