PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN THINK TALK WRITE
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.99Keywords:
Komunikasi Matematis, Metode Talking Stick, Metode Think Talk WriteAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang
pembelajarannya menggunakan metode Talking Stick dan metode Think Talk Write; (2) Untuk
mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang lebih baik antara yang pembelajarannya
menggunakan metode Talking Stick dengan metode Think Talk Write. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIIISMP N 4 Sindang Tahun
Pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random
sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan metode
pembelajaran Talking Stickdan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan
metode pembelajaranThink Talk Write. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal uraian untuk
mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Dalam penelitian ini, untuk menganalisis data
digunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis
siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Talking Stick lebih baik daripada yang
menggunakan metode Think Talk Write. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode pembelajaran Talking Stick lebih baik
daripada yang menggunakan metode Think Talk Write. Dengan demikian, metode pembelajaran
Talking Stick dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.