COMIC’S MATHEMATICS LEARNING (CML): PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA

  • Farid Gunadi
  • Lusi Siti Aisah Universitas Wiralodra
Keywords: Comic’s Mathematics Learning (CML), Materi Eksponen, Literasi Matematis

Abstract

 

Literasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting pada abad 21. Pembelajaran matematika juga harus dapat mengembangkan kemampuan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan Comic’s Mathematics Learning (CML). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang pembelajaran matematika berbasis media komik yang dapat menumbuhkan kemampuan literasi matemati siswa pada materi eksponen. Desain penelitian yang dilakukan dalam menghasilkan rancangan Comic’s Mathematics Learning (CML) yakni menggunakan model pengembangan yang diadopsi dari  Gall, Borg, & Gall. Fase untuk menghasilkan perancangan Comic’s Mathematics Learning (CML) terdiri dari : (1) Research and information collecting (pengumpulan data awal); (2) planning (perencanaan); (3) develop preliminary form of product (pengembangan awal); (4) preliminary field testing (uji validasi); (5) main product revision (revisi awal); (6) main field testing (uji coba skala terbatas). Berdasarkan hasil validasi dan uji coba skala terbatas dapat disimpulkan bahwa perancangan pembelajaran menggunakan komik matematika dapat menumbuhkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi eksponen. Sehingga memenuhi kriteria valid dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-14
How to Cite
Gunadi, F., & Siti Aisah, L. (2019). COMIC’S MATHEMATICS LEARNING (CML): PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 128-138. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i2.113
Section
Articles