PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN OTENTIK TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.101Keywords:
Instrumen, Asesmen, Keterampilan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen otentik yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi model Wilson dan Oriondo dan Antonio. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert judgement teknik Delphi oleh ahli dan praktisi. Validitas empiris dibuktikan dan dianalisis menggunakan program Winsteps 3.73. Data politomus hasil uji coba dianalisis menggunakan model Rasch dengan bantuan program Winsteps 3.73. Uji coba instrumen melibatkan 30 peserta didik kelas XI AK SMK Wahidin Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian otentik yang layak untuk mengukur berpikir kritis peserta didik. Karakteristik instrumen penilaian otentik ditinjau dari validitas isi oleh ahli dan praktisi termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan untuk validasi empirisnya berdasarkan tiga kriteria yaitu OUTFIT MNSQ, ZSTD, Pt Mean Corr untuk 10 butir instrumen keterampilan berpikir kritis. Reliabilitas instrumen keterampilan berpikir kritis berdasarkan
index sparation item sangat bagus dengan nilai >0,90, dan kualitas implementasi asesmen otentik keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika adalah praktis.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Rivo Panji Yudha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.