PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN OTENTIK TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Rivo Panji Yudha Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
Keywords: Instrumen, Asesmen, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen otentik yang layak digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Desain Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi model Wilson dan Oriondo dan Antonio. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert judgement teknik Delphi oleh ahli dan praktisi. Validitas empiris dibuktikan dan dianalisis menggunakan program Winsteps 3.73. Data politomus hasil uji coba dianalisis menggunakan model Rasch dengan bantuan program Winsteps 3.73. Uji coba instrumen melibatkan 30 peserta didik kelas XI AK SMK Wahidin Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian otentik yang layak untuk mengukur berpikir kritis peserta didik. Karakteristik instrumen penilaian otentik ditinjau dari validitas isi oleh ahli dan praktisi termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan untuk validasi empirisnya berdasarkan tiga kriteria yaitu OUTFIT MNSQ, ZSTD, Pt Mean Corr untuk 10 butir instrumen keterampilan berpikir kritis. Reliabilitas instrumen keterampilan berpikir kritis berdasarkan
index sparation item sangat bagus dengan nilai >0,90, dan kualitas implementasi asesmen otentik keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika adalah praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-20
How to Cite
Panji Yudha, R. (2019). PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN OTENTIK TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 9-20. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.101
Section
Articles