PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA

Authors

  • Muh. Aripin Nurmantoro STKIP Al-Amin Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.103

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Rasa Percaya Diri, Penguasaan Konsep Matematika

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung antara kecerdasan
emosional terhadap rasa percaya diri dan pengaruh langsung antara kecerdasan emosional dan rasa
percaya diri terhadap penguasaan konsep matematika. Penelitian ini dilakukan dengan metode
survey, dengan jumlah sampel 75 (tujuh puluh lima) orang yang diambil menggunakan teknik
Multi Stage Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan hasil tes matematika siswa.
Data diolah dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS 20, dan dianalisis dengan menggunakan
metode analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh
langsung kecerdasan emosional terhadap penguasaan konsep matematika; (2) terdapat pengaruh
langsung rasa percaya diri siswa terhadap penguasaan konsep matematika; dan (3) terdapat
pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap rasa percaya diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-02-20

How to Cite

Aripin Nurmantoro, M. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 49–62. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.103

Issue

Section

Articles