PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN WORKED EXAMPLE
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.127Keywords:
pemahaman matematis, worked example, siswa SMPAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menelaah dan menganalsis peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan worked example . Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan one group pretest postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII-J SMP Negeri 1 Jalaksana. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa diperoleh dari nilai n-gain. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, dan uji t satu sampel. Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,73. Berdasarkan analsis data yang dilakukan diperoleh dan Karena kriteria tidak terpenuhi tetapi nilai t berada pada daerah penerimaan , maka diterima. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan worked example berada pada kategori tinggi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Intan Noorfitriani Intan, Abdul Rosyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.