PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN WORKED EXAMPLE
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.127Keywords:
pemahaman matematis, worked example, siswa SMPAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menelaah dan menganalsis peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan worked example . Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan one group pretest postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII-J SMP Negeri 1 Jalaksana. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa diperoleh dari nilai n-gain. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, dan uji t satu sampel. Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,73. Berdasarkan analsis data yang dilakukan diperoleh dan Karena kriteria tidak terpenuhi tetapi nilai t berada pada daerah penerimaan , maka diterima. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan worked example berada pada kategori tinggi.