PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN WORKED EXAMPLE

Authors

  • Intan Noorfitriani Intan Intan Noorfitrani, Abdul Rosyid - Analisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan worked example
  • Abdul Rosyid Prodi Penddikan Matematika, STKIP Muhammadyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.127

Keywords:

pemahaman matematis, worked example, siswa SMP

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menelaah dan menganalsis peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan worked example . Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan one group  pretest postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII-J SMP Negeri 1 Jalaksana. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa diperoleh dari nilai n-gain. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, dan uji t satu sampel. Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,73. Berdasarkan analsis data yang dilakukan diperoleh  dan  Karena kriteria  tidak terpenuhi tetapi nilai t berada pada daerah penerimaan , maka  diterima. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan worked example berada pada kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-16

How to Cite

Intan, I. . N., & Rosyid, A. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN WORKED EXAMPLE. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 26–36. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.127

Issue

Section

Articles