Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbantuan Ludo Math Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis Siswa

Authors

  • Nur Khodijah Universitas Wiralodra
  • Sri Hartini Universitas Wiralodra
  • Wiwit Damayanti Lestari Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.140

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep, Disposisi Matematis Siswa, Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT), Ludo Math.

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments; (2) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan tingkat disposisi matematis; (3) mengetahui interaksi antara Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dan tingkat disposisi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian eksperimen yang dilakukan di MTsN 2 Indramayu pada semester ganjil. Populasi penelitian ini adalah seluruh kemampuan pemahaman konsep dan tingkat disposisi matematis siswa kelas VII MTsN 2 Indramayu tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil sebanyak dua kelas menggunakan cluster random sampling dengan cara diundi.  Berdasarkan hasil analisis data menggunakan ANAVA Dua Jalan by level, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan Kemampuan pemahaman konsep pada model pembelajaran Teams Games Tournamnets (TGT) berdasarkan penggunaan Ludo Math dan tanpa penggunaan Ludo Math. (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa kelompok tingkat disposisi matematis siswa tinggi dengan rendah. (3) Terdapat pengaruh interaksi (interaction effect).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-12

How to Cite

Khodijah, N., Hartini, S., & Lestari, W. D. . (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbantuan Ludo Math Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis Siswa. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 101–110. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.140

Issue

Section

Articles