Blended Learning: Kemampuan Berpikir Kritis, Self Concept, dan Mathematics Anxiety Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak

Authors

  • Mellawaty Mellawaty Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.160

Keywords:

Berpikir Kritis, Blended Learning, Aljabar Abstrak

Abstract

Artikel ini melaporkan studi mengenai kemampuan berpikir kritis matematis, self concept, dan mathematics anxiety calon guru matematika pada mata kuliah aljabar abstrak teori ring dengan penggunaan model pembelajaran blanded learning pada masa pandemi covid-19 di Indramayu, Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar kerja dan angket. 19 calon guru matematika terlibat selama penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa blanded learning mampu mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis, self concep, dan matethematics anxiety calon guru matematika yang mengampu mata kuliah aljabar abstrak teori ring selama masa pandemi covid-19 di Indramayu, Jawa Barat. Adapun kesulitan yang dialami oleh calon guru matematika dalam pembelajaran blanded learning selama masa pandemi covid-19 di Indramayu, Jawa Barat, yaitu yang berkaitan dengan pembelajaran online dimana sampel terkendala oleh jaringan internet, kuota internet, serta kesiapan pelaksanaan proses pembelajaran dalam mata kuliah aljabar abstrak teori ring. Hal ini disebabkan karena sampel berasal dari keluarga menengah kebawah sehingga mereka terkendala biaya untuk kuota internet. Selain itu, 90% sampel berasal dari daerah Indramayu yang berbatasan dengan kabupaten disekitar, dimana akses jaringan internet masih sulit digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Mellawaty, M. (2021). Blended Learning: Kemampuan Berpikir Kritis, Self Concept, dan Mathematics Anxiety Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 195–204. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.160

Issue

Section

Articles