Description Of Mathematic Problem Solving Ability for Class X Senior High School Students Based On Polya Steps
Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas X Berdasarkan Langkah-Langkah Polya
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v6i2.226Keywords:
Deskripsi, Teori Polya, Kemampuan Pemecahan MatematisAbstract
Tujuan dari penelitian ini sebagai upaya untuk mendeksripsikan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi SPLTV yang dilihat berdasarkan langkah-langkah Teori Polya. Subjek penelitian yang dipilih sebanyak 6 orang dari 30 siswa total kelas asal. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran instrumen tes dan kegiatan wawancara. Hasil penelitian ini menjabarkan, dimana : 1) siswa pada kategori sedang dan rendah masih balum mampu mencapai pemahaman mengenai masalah yang disajikan soal, 2) sebagian besar siswa pada kategori tinggi saja yang mampu mencapai tahapan ini dan membuat strategi untuk mempermudah dalam mendapatkan hasil penyelesaian dari soal yang disajikan, 3) Kurangnya ketelitian, kemampuan pemahaman materi yang kurang dan tidak melaksanakannya tahap merencanakan penyelesaian menjadi faktor utama siswa melakukan kesalahan pada tahapan ini, dan 4) masih sangat jarang dilakukan siswa baik pada kategori tinggi, sedang dan rendah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Shannasya Aulia Himawati, Indrie Noor Aini, Attin Warmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.