STUDI KOMPARATIF TENTANG PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.87Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Problem Posing, Direct InstructionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing dan siswa yang Direct
Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu Pretes
Post-test two treatment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu
MTsN di Pekanbaru. Sampel untuk penelitian ini diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes
kemampuan pemecahan masalah. Temuan penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Problem Posing
lebih baik daripada siswa yang memperoleh Direct Instruction; dan (2) Peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Problem
Posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh Direct Instruction.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Rini Trisnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.