STUDI KOMPARATIF TENTANG PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION

Authors

  • Rini Trisnawati SMP Negeri 12 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.87

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Problem Posing, Direct Instruction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem posing dan siswa yang Direct
Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu Pretes
Post-test two treatment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu
MTsN di Pekanbaru. Sampel untuk penelitian ini diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes
kemampuan pemecahan masalah. Temuan penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Problem Posing
lebih baik daripada siswa yang memperoleh Direct Instruction; dan (2) Peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Problem
Posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh Direct Instruction.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-21

How to Cite

Trisnawati, R. . (2018). STUDI KOMPARATIF TENTANG PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN DIRECT INSTRUCTION. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 101–114. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.87

Issue

Section

Articles