BAGAIMANAKAH RANCANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEWIRAUSAHAAN (RPM-BK) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER WIRAUSAHA DAN KETERAMPILAN MATEMATIS?

  • Sudirman Sudirman Universitas Wiralodra
  • Rosyadi Rosyadi Universitas Wiralodra
Keywords: Pembelajaran Matematika, Kewirausahaan, Karakter Wirausaha, Keterampilan Matematis

Abstract

Tujuan utama Sekolah Menengah Kejuruan adalah untuk mencetak tenaga kerja, baik sebagai pekerja maupun sebagai wirausahawan (entrepreneur). Proses pembelajaran matematika di SMK tidak mengintegrasikan program kewirausahaan yang bisa menumbuhkan karakter kewirausahaan dan keterampilan matematis siswa. Upaya untuk menghasilkan rancangan pembelajaran matematika berbasis kewirausahaan dalam mengembangkan karakter wirausaha dan ketrampilan matematis harus dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tahapan penelitian ini terbagi menjadi dua tahap (1) pendefinisian (define), (2) perencanaan (design). Produk rancangan pembelajaran berbasis kewirausahaan terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar dan model pembelajaran. Karakter wirausaha terdiri dari tekun, percaya diri, teliti, sistematis, kreatif dan berani mengambil resiko yang diukur dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) tahap pendefinisian aspek silabus, RPP, bahan ajar dan model pembelajaran masih menggunakan silabus dan RPP dari KTSP belum dimodifikasi berdasarkan program keahlian yang bisa menumbuhkan karakter wirausaha dan ketrampilan matematis tertentu; (2) aspek pendesainan silabus, RPP, bahan ajar dan model pembelajaran telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter wirausaha dan menumbuhkan keterampilan matematis siswa SMK materi program linear.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-21
How to Cite
Sudirman, S., & Rosyadi, R. (2018). BAGAIMANAKAH RANCANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEWIRAUSAHAAN (RPM-BK) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER WIRAUSAHA DAN KETERAMPILAN MATEMATIS?. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 131-140. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.91
Section
Articles