MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASIWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA KULIAH GEOMETRI RUANG

Authors

  • Sumarni Sumarni Universitas Kuningan
  • Anggar Titis Prayitno Universitas Kuningan
  • Mita Nurpalah Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.107

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Jigsaw

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perbedaan rerata pencapaian dan peningkatan
kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran melalui model
Jigsaw ditinjau dari kategori KAM (tinggi, sedang, rendah). Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen, dengan desain penelitian One-Group Pretes-Posttest Design. Populasi dan sampel
dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika di program studi pendidikan
matematika Universitas Kuningan semester II tahun ajaran 2017/2018. Untuk kepentingan analisis
masing-masing data penelitian dikategorikan menurut kemampuan awal matematis (KAM; tinggi,
sedang, rendah). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi
matematis. Analisis data menggunakan uji ANOVA satu jalur. Analisis data ditinjau berdasarkan
data kategori KAM. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan: 1) terdapat
perbedaan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran melalui
model Jigsaw ditinjau dari kategori KAM (tinggi, sedang, rendah); 2) terdapat perbedaan
peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran
melalui model Jigsaw ditinjau dari kategori KAM (tinggi, sedang, rendah).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-02-20

How to Cite

Sumarni, S., Titis Prayitno, A. ., & Nurpalah, M. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASIWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA KULIAH GEOMETRI RUANG. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 63–74. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.107

Issue

Section

Articles