MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASIWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATA KULIAH GEOMETRI RUANG
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.107Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, JigsawAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perbedaan rerata pencapaian dan peningkatan
kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran melalui model
Jigsaw ditinjau dari kategori KAM (tinggi, sedang, rendah). Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen, dengan desain penelitian One-Group Pretes-Posttest Design. Populasi dan sampel
dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru matematika di program studi pendidikan
matematika Universitas Kuningan semester II tahun ajaran 2017/2018. Untuk kepentingan analisis
masing-masing data penelitian dikategorikan menurut kemampuan awal matematis (KAM; tinggi,
sedang, rendah). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi
matematis. Analisis data menggunakan uji ANOVA satu jalur. Analisis data ditinjau berdasarkan
data kategori KAM. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan: 1) terdapat
perbedaan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran melalui
model Jigsaw ditinjau dari kategori KAM (tinggi, sedang, rendah); 2) terdapat perbedaan
peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran
melalui model Jigsaw ditinjau dari kategori KAM (tinggi, sedang, rendah).