Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme berbasis Kemampuan Penalaran Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.152Keywords:
Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Kontruktivisme, Kemampuan Penalaran MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan RPP dan LKS bangun ruang sisi datar dengan pendekatan kontruktivisme berbasis kemampuan penalaran matematis. Serta mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan RPP dan LKS yang telah dikembangkan tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun dibatasi sampai tahap pengembangan. Adapun validator dalam penelitian pengembangan ini adalah dua orang dosen dan satu orang guru matematika. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan RPP dan LKS yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan RPP dari pertemuan 1 hingga 4 rata-rata total validitas masing-masing sebesar 4,19; 4,19; 4,2 dan 4,2, dengan klasifikasi sangat valid. Artinya, RPP bangun ruang sisi datar dengan pendekatan kontruktivisme berbasis kemampuan penalaran matematis dari pertemuan 1 hingga 4 telah sesuai dengan perangkat pembelajaran berdasarkan Permendikbud no 22 tahun 2016. Sedangkan kevalidan LKS bangun ruang sisi datar dengan pendekatan kontruktivisme berbasis kemampuan penalaran matematis dari pertemuan 1 hingga 4 telah sesuai dengan komponen menurut Depdiknas. Berdasarkan pernyataan yang diberikan oleh tiga validator bahwa pada setiap pertemuan RPP dan LKS yang dikembangkan “dapat digunakan dengan sedikit revisi dan tanpa revisi” . Artinya telah memenuhi kriteria “praktis” jika digunakan di lapangan atau dalam pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ovi Destiana, Sumarni Sumarni, Nuranita Adiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.