PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING DAN APK BUILDER UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MATERI PROYEKSI VEKTOR

Authors

  • Denih Handayani Prodi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi
  • Diar Veni Rahayu Prodi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126

Keywords:

Media pembelajaran interaktif, Ispring, APK Builder

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Ispring dan APK Builder untuk pembelajaran matematika kelas X pada materi proyeksi vektor dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran interaktif tersebut berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan pembelajaran, serta berdasarkan penilaian teknis. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan model prosedural dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, dan Produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran interkatif yang mempunyai kualitas sangat baik. Hasil nalisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 94,44% yang termasuk katergori sangat layak, ahli materi dan pembelajaran sebesar 95% yang dikategorikan sangat layak dan siswa sebagai pengguna sebesar 94,42% yang dikategorikan sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android menggunakan Ispring dan APK Builder untuk pembelajaran matematika kelas X materi proyeksi vektor sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-24

How to Cite

Handayani, D., & Rahayu, D. V. . (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING DAN APK BUILDER UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MATERI PROYEKSI VEKTOR. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126

Issue

Section

Articles