The Effect Of SAVI and Expository Learning Model and Student’s Motivation On Mathematics Communication Ability
Pengaruh Model Pembelajaran SAVI dan Ekspositori Serta Motivasi Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v7i1.263Keywords:
Model Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa, Kemampuan Komunikasi MatematikAbstract
Tujuan Penelitian adalah mencari pengaruh model pembelajaran dan motivasi siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik pada siswa kelas XI SMAN di Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Teknik analisis penelitian ini menggunakan ANAVA 2 jalur (Analisis Varian dua jalur). Populasi penelitian ini menggunakan kemampuan komunikasi matematik semua siswa kelas XI SMAN di Indramayu. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 68 siswa, 35 siswa berasal dari kelas XI IPA I SMAN 1 Lohbener dan 33 siswa berasal dari kelas XI IPA II SMAN 1 Indramayu. Hasil penelitian membuktikan, bahwa: (1) ada pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan.komunikasi matematika siswa SMAN di Indramayu dibuktikan diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 dengan FH = 18,619. (2) ada pengaruh.signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan.komunikasi matematika siswa SMAN di Indramayuhal tersebut dibuktikan dengan dengan nilai sig 0,002 < 0,05 dengan FH = 6,752. (3) terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan.komunikasi.matematika siswa SMAN di Indramayu dengan dibuktikannya nilai sig 0,717 > 0,05 dengan FH = 0,335. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada guru tingkat SMA khususnya kepada guru matematika untuk meningkatkan pendidikan dengan digunakanya model pembelajaran yang baik dalam rangka menumbuhkan motivasi belajar siswa, sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan komunikasi matematik siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa, Kemampuan Komunikasi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sodikin Sodikin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.