Developing Inquiry Based Module For Ordinary Differential Equation Course
Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v7i1.274Keywords:
modul, inkuiri, persamaan diferensial biasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis inkuiri pada mata kuliah persamaan diferensial biasa yang valid dan praktis. Hal ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam mempelajari materi persamaan diferensial biasa disebabkan karena buku teks yang digunakan belum mampu menarik perhatian mahasiswa untuk mempelajari sendiri materi sehingga menyebabkan mahasiswa kurang termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah modul yang dapat membantu mahasiswa dan memberikan kesempatan untuk menemukan sendiri konsep dan berbagai cara menemukan solusi dari berbagai bentuk persamaan diferensial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan rancangan penelitian yang terdiri atas 3 tahap yaitu tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi untuk mengukur validitas modul, dan angket respon untuk mengukur kepraktisan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri pada mata kuliah persamaan diferensial biasa 1) sangat valid dalam aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan, 2) sangat praktis dalam aspek mudah digunakan, menarik dan efisien.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kurnia Rahmi Yuberta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.