PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN BILANGAN DAN DERET SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX-H SMP NEGERI UNGGULAN SINDANG INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.83Keywords:
Media Pembelajaran Ular Tangga, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik Kelas IX-H
SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu pada materi Barisan Bilangan dan Deret
dengan menggunakan media ular tangga matematika.Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan lembar observasi, tes, angket, pengamatan dan Jajak pendapat. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data dengan teknik triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa peggunaan media ular tangga matematika dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX-H SMP Negeri Unggulan Sindang
Kabupaten Indramayu. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata kelas dan
ketuntasan peserta didik. Berdasarkan hasil tes pada siklus I diperoleh gambaran adanya
peningkatan hasil prestasi belajar. Nilai rata-rata tes hasil belajar pra tindakan adalah 55,33 dengan
ketuntasan 10% dan setelah tindakan menjadi 94,17. Prestasi belajar siswa pada siklus I mengalami
peningkatan sebesar 38,84 dengan ketuntasan belajar 90%. Rata-rata tes hasil belajar siklus I
adalah 94,17 dan setelah tindakan siklus II menjadi 95,33. Prestasi belajar siswa pada siklus II
mengalami peningkatan sebesar 1,16 dengan ketuntasan belajar 96,67%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Imas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.