PENGARUH PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK

Authors

  • Denni Ismunandar Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.89

Keywords:

Koneksi Matematik, Karakter, Kreatif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh karakter kreatif terhadap kemampuan koneksi matematik siswa kelas XI IPS. Informasi awal dari beberapa guru mata pelajaran matematika di SMA tempat peneliti melakukan penelitian adalah karakter kreatif perlu dimiliki oleh siswa untuk menyelesaikan permasalahan dalam bentuk soal cerita atau soal dalam kehidupan sehari – hari; kurangnya latihan siswa sehingga mengakibatkan siswa cepat lupa dengan rumus yang telah diberikan; guru mata pelajaran matematika sepakat bahwa materi komposisi fungsi merupakan salah satu materi yang dipandang sulit oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Indramayu tahun ajaran 2013/2014. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling dan terpilih kelas XI IPS 2 sebagai kelas observasi. Metode pengumpulan data menggunakan eksperimen dan observasi. Hasil penelitian adalah karakter kreatif berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematik sebesar 83,4%. Hal ini terlihat dari sig. (2-tailed) menujukkan nilai sig = 0.000 = 0% < , artinya terdapat korelasi antara karakter kreatif dan kemampuan koneksi matematik yang tidak lemah dan Pearson Correlation menunjukkan nilai , artinya terdapat pengaruh yang kuat sebesar 83,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-20

How to Cite

Ismunandar, D. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN BERMUATAN KARAKTER KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 65–76. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.89

Issue

Section

Articles