Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts for Students Class VII SMP

Pengembangan Handout Bangun Datar Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Kelas VII SMP

Authors

  • Putri Yulia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Endah Febriza
  • Selvia Erita

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v6i2.231

Keywords:

Handout, Etnomatematika

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa handout bangun datar berbasis etnomatematika untuk siswa kelas VII SMP.Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (research and development), proses pengembangan handout dengan menggunakan model 4D yaitu  define, design, develop, disseminate. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kevalidan pada handout bangun datar berbasis etnomatematika untuk siswa kelas VII SMP.Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi di peroleh skor rata-rata sebesar 80% kriteria Valid. Hasil validasi oleh ahli media di peroleh skor rata-rata sebesar 84,61% dengan kriteria Sangat Valid. Hasil validasi oleh ahli bahasa di peroleh skor rata-rata sebesar 80% dengan kriteria Valid. Hal ini dapat di simpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mempunyai kriteria valid sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-21

How to Cite

Yulia, P., Febriza, E. ., & Erita, S. . (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts for Students Class VII SMP: Pengembangan Handout Bangun Datar Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Kelas VII SMP. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207–221. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i2.231

Issue

Section

Articles