Analysis Of Student Answer Process On Mathematical Communication Skills Through Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Model

Analisis Proses Jawaban Siswa pada Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL)

Authors

  • Anim Anim Universitas Asahan
  • Sahat Saragih universitas Negeri Medan
  • E.Elvis Napitupulu Pascasarjana Universitas Negeri Medan
  • Nilam Sari universitas quality

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v7i1.245

Keywords:

Students Asnswer process, Mathematic Communiation ability, POGIL Model

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta menganalisis aspek kemampuan komunikasi siswa MTs Quran Kisaran pada materi segiempat. Sample yang diambil dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa dari populasi seluruh siswa kelas VII MTs Quran Kisaran di ambil secara acak. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Instrumen penelitian adalah soal tes kemampuan komunikasi matematik berupa 3 butir soal essay serta Wawancara. Hasil tes yang telah dilaksanakan pada beberapa soal komunikasi matematik menunjukan hasil cukup baik . Terlihat dari presentase skor per butir soal yaitu soal no.1 diperoleh presentase 72,5% Untuk indikator dalam  Menyatakan situasi atau ide-ide matematika  ke dalam gambar. Soal no.2 dengan perolehan presentase 77,5% untuk indikator Menjelaskan secara tertulis gambar ke dalam ide-ide matematika dan Soal no.3 dengen perolehan presentase 53,33% untuk indikator Menjelaskan prosedur penyelesaian. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi siswa MTs Quran sudah cukup baik dan tergolong tinggi karena terdapat dua indikator soal dalam kategori tinggi > 66% .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Anim, A., Saragih, S., Napitupulu, E. ., & Sari, N. . (2022). Analysis Of Student Answer Process On Mathematical Communication Skills Through Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Model: Analisis Proses Jawaban Siswa pada Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 66–76. https://doi.org/10.31943/mathline.v7i1.245