EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN TRIGONOMETRI

  • Farid Gunadi
  • ULFHA RACHMAWATI Universitas Wiralodra
  • IMAN PERMANA HADI SMA Negeri 1 Sindang Indramayu
Keywords: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Keaktifan, Hasil Belajar Persamaan Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan trigonometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sindang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain
teknik observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 MIPA yang berjumlah 36 siswa. Hasil pengolahan data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata pada siklus I 27,78%, siklus II 83,33%, siklus III 100%. Hasil uji efektivitas yang diperoleh pada siklus I to < t(0,05, 36) tidak efektif, tetapi pada siklus II dan siklus III to > t(0,05, 36) efektif. Sedangkan hasil pengolahan data keaktifan yang diperoleh mengalai peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata siklus I 69%, siklus II 86%, siklus III 92%. Kesimpulannya adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) efektif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar persamaan trigonometri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-22
How to Cite
Gunadi, F., RACHMAWATI, U., & HADI , I. P. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN TRIGONOMETRI. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 77-86. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.144
Section
Articles