EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.144Keywords:
Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Keaktifan, Hasil Belajar Persamaan TrigonometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan trigonometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sindang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain
teknik observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 MIPA yang berjumlah 36 siswa. Hasil pengolahan data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata pada siklus I 27,78%, siklus II 83,33%, siklus III 100%. Hasil uji efektivitas yang diperoleh pada siklus I to < t(0,05, 36) tidak efektif, tetapi pada siklus II dan siklus III to > t(0,05, 36) efektif. Sedangkan hasil pengolahan data keaktifan yang diperoleh mengalai peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata siklus I 69%, siklus II 86%, siklus III 92%. Kesimpulannya adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) efektif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar persamaan trigonometri.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Farid Gunadi, ULFHA RACHMAWATI, IMAN PERMANA HADI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.