EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI LOGARITMA

Authors

  • Panji Ibnu Prasetia SMA Negeri 1 Sindang
  • Farid Gunadi Universitas Wiralodra
  • Fiqriyah Fiqriyah Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.98

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW, Keaktifan, Hasil Belajar Logaritma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think
Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi logaritma.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1
Sindang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi dan tes. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-8 MIPA yang berjumlah 36 siswa. Dalam penelitian ini,
untuk menganalisis data digunakan uji t satu sampel. Hasil pengolahan data hasil belajar diperoleh
rata-rata siklus I sebesar 78,73, siklus II 84,17 dan siklus III 86,80. Begitu juga dari peningkatan
jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu dari siklus I sebanyak 18 dari 30 siswa atau
60% dengan kriteria ketuntasan tinggi, siklus II 23 dari 30 siswa atau 76,67% kriteria ketuntasan
tinggi, dan siklus III 25 dari 30 siswa atau 83,33% termasuk kategori kriteria ketuntasan sangat
tinggi. Hasil uji efektivitas yang diperoleh pada siklus I, siklus II dan siklus III to > t(0,05, 30) efektif.
Sedangkan hasil pengolahan data keaktifan yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap
siklus dengan rata-rata siklus I 46,67%, siklus II 73,33%, dan siklus III 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-02-20

How to Cite

Ibnu Prasetia, P., Gunadi, F. ., & Fiqriyah, F. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI LOGARITMA. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 171–180. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.98

Issue

Section

Articles